Mencegah Dan Mengatasi Sakit Tenggorok

Mencegah Dan Mengatasi Sakit Tenggorok. Mencegah dan mengatasi sakit tenggorokan dan tenggorokan kering waktu berpuasa benar-benar penting. Anda tidak ingin sakit ketika berpuasa bukan? Nanti Anda akan kesulitan ketika menjalankan puasa. Apabila masih belum terkena, sebaiknya ketahui bagaimana cara mencegahnya. Namun jika Anda sudah terlanjur sakit tenggorokan, maka Anda dapat membaca cara mengatasinya juga pada artikel sekarang ini. Ini termasuk gangguan bibir pecah-pecah. Mari baca selanjutnya.
Radang tenggorokan dan bibir pecah tak perlu konsumsi obat
Sesudah 9 hari menjalankan puasa, apabila Anda merasakan mulai radang tenggorokan dan bibir pecah-pecah, jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk konsumsi obat. Anda tak perlu melakukan hal tersebut. Tanda mengapa Anda mengalami radang tenggorokan dan bibir pecah-pecah itu karena kurang makan sayuran dan buah, juga kurang minum. Lalu jika Anda tidak konsumsi obat, maka bagaimana solusi yang tepat untuk menyembuhkan gangguan ini? Jawabannya adalah Anda harus memenuhi kebutuhan tersebut, seperti yang disebutkan sebelumnya, konsumsi air yang cukup, dan ketika sahur serta berbuka puasa, sediakan menu sayuran dan buah. Jangan sampai tubuh kekurangan ketiga hal tersebut, yakni air, sayuran, dan buah. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari gangguan tenggorokan dan bibir kering tersebut selama berpuasa. Anda pun akan bisa menjalani puasa dengan lebih sempurna.
Penyebab lain tenggorokan kering ketika berpuasa
Ada penyebab lain apabila Anda mengalami tenggorokan kering ketika berpuasa, yaitu:
  • Rokok – Apabila saat sahur dan berbuka Anda merokok, maka itu dapat memicu tenggorokan menjadi kering. Segera buang rokok Anda, karena selain tidak sehat bagi tenggorokan, juga tidak ada manfaatnya sama sekali.
  • Infeksi – Infeksi juga dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan di tenggorokan, biasa dikenal juga dengan radang tenggorokan.
  • Alergi – Penyebab ketiga selain rokok, infeksi, dan penyebab sebelumnya – Adalah alergi. Alergi dapat diakibatkan karena makanan maupun alergi karena kondisi lingkungan sekitar. Alergi yang dimiliki setiap orang tidak selalu sama, dapat berbeda-beda.
  • Makanan berminyak – Penyebab selanjutnya adalah makanan berminyak. Beberapa contoh makanan berminyak yang dapat menyebabkan gangguan tenggorokan adalah kerupuk, gorengan, serta berbagai makanan yang sejenis yang memiliki kandungan minyak tinggi. Kesemua jenis makanan seperti itu memang gurih dan enak, namun dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering ketika Anda sedang menjalankan puasa.
  • Udara – Udara juga dapat menjadi faktor penyebab yang bertanggung jawab atas sakit tenggorokan pada seseorang. Udara di sini yaitu udara yang terlalu kering dan panas, udara dengan sifat tersebut bisa mengakibatkan tenggorokan menjadi kering juga gatal.
 Ciri tenggorokan kering
Tenggorokan seseorang yang kering apabila tak segera disembuhkan dapat mengakibatkan berbagai gejala, seperti bengkak dan gatal. Dan juga akan menyebabkan berbagai efek negatif lainnya seperti bau mulut tak sedap. Tentu ini membuat Anda tak percaya diri ketika sedang berpuasa.
Cara mengobati sakit tenggorokan, tenggorokan kering, dan bibir kering ketika berpuasa
  • Minum jus, namun jangan menggunakan tambahan pemanis apapun
  • Hindari konsumsi makanan yang digoreng dan mengandung minyak
  • Hindari juga konsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan pemanis atau gula
  • Perbanyak makan sayur
  • Minumlah minimal 8 gelas air putih, sewaktu buka dan sewaktu sahur, karena Anda sedang berpuasa
  • Perbanyak makan buah juga (Seperti yang disebutkan tadi)
Sekian artikel mengenai mencegah dan mengatasi sakit tenggorokan, tenggorokan kering ketika berpuasa, semoga berguna.

Author:

Facebook Comment