Manfaat Daun Seledri

Seledri yang memiliki nama ilmiah Apium Graveolens merupakan sayuran sumber antioksidan, kalium, enzim baik,  folat, dan juga vitamin. Deretan vitamin yang ada di dalam seledri di antaranya adalah vitamin K, C, dan juga B6. Sejak zaman dahulu, seledri juga dikenal sebagai agen anti hipertensi di berbagai pengobatan tradisional. Bahkan di studi terkini juga disebutkan bahwa seledri bisa meningkatkan aktivitas antioksidan dan anti-imflamatori yang baik untuk tekanan darah dan juga tingkat kolesterol, yang artinya bisa mencegah penyakit jantung.
Selain itu, seledri juga merupakan sumber serat yang baik. Jika kamu mengkonsumsi seledri setiap hari, maka pencernaan kamu akan meningkat fungsinya sehingga bisa menurunkan berat badan. Kandungan air dan elektrolit yang tinggi juga bisa mencegah dehidrasi pada tubuh. Bahkan, seledri juga bermanfaat mengurangi kembung pada perut lho. Ternyata ada banyak sekali mafaat seledri ya? Ingin tahu apa saja manfaat seledri yang lain? Simak penjelasan 10 manfaat seledri untuk kesehatan dan kecantikan di bawah ini!

1. Membantu mengurangi kolesterol

Seledri bisa menjadi bantuan jika kamu memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Hal ini tentu akan berguna juga untuk mempertahankan kesehatan jantung. Manfaat seledri lainnya adalah kandungan senyawa unik yang disebut 3-n-butylphthalide (BuPh) yang diketahui bisa bertindak menurunkan lipid. Ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi di University of Singapore, di mana seekor tikus yang diberi ekstrak seledri menunjukkan lipid yang lebih rendah dibandingkan kelompok tikus lainnya yang tidak diberikan perlakuan serupa.

2. Mengurangi peradangan

Seledri mengandung antioksidan dan polisakarida yang bertindak sebagai anti-inflamasi, terutama antioksidan flavonoid dan polifenol. Manfaat seledri ini cocok untuk mereka yang berusia lanjut karena bisa memerangi kerusakan radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan. Peradangan di usia lanjut bisa menjadi sebab dari munculnya penyakit kronisseperti kanker, sakit jantung, arthritis dan lainnya.

3. Mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi

Ekstrak biji seledri bersifat anti-hipertensi, sehingga bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Hipertensi merupakan salah satu penyebab penyakit jantung koroner, yang menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.

Dengan manfaat seledri, maka kadar tekanan darah tinggi kronis lebih bisa dikontrol. Seledri dipercaya bisa bertindak sebagai relaksan otot polos, sehingga bisa menurunkan tekanan darah dan juga meningkatkan aliran kalsium dan kalium di dalam dan luar sel. Selain itu, ekstrak seledri juga akan membantu pembuluh darah untuk memperluas dan meningkatkan aliran darah yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Mencegah bisul

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan bahwa seledri mengandung ekstrak etanol tipe khusus yang bisa melindungi lapisan saluran pencernaan dari bisul. Ekstrak tersebut mampu mengisi lendir lambung yang diperlukan lapisan perut untuk mencegah timbulnya lubang dan bukaan. Peneliti juga percaya bahwa manfaat seledri adalah dapat menjaga kesehatan perut dan usus karena mengandung flavonoid, tannin, minyak atsiri dan juga alkaloid yang penting untuk asam lambung.


Author:

Facebook Comment