Bahaya Sering Makan Mie

Bahaya Sering Makan Mie.Mie Merupakan makanan yang sudah umum di negara kita yakni indonesia, Apalagi bagi anak-anak kosan. Jenis makanan instant ini lebih banyak di minati karena proses memasak yang tidak terlalu sulit. Cukup di panaskan dengan air, dan mie siap untuk di makan.

Tidak salah mengkonsumsi mie instant, karena semua makanan itu awalnya baik dan bermanfaat pastinya bagi tubuh. Yang salah ialah jika makanan tersebut di konsumsi berlebihan. Apalagi sejenis makanan instant seperti mie.

Mie instant bisa saja di samakan dengan makanan lain yakni mampu meredam rasa lapar, Tapi tidak dengan nutrisinya. Sebab mie di buat tidak terlepas dari bahan-bahan kimia seperti pengawet dan lainya.

Tidak bisa di pungkiri, jika seseorang terlalu keseringan konsumsi mie instant akan berakibat buruk bagi kesehatan. Hal ini terbukti dari banyaknya kasus yang beredar, mereka yang sakit akibat keseringan makan mie instant.

 Nah bahaya apa saja yang di timbulkan bagi tubuh jika keseringan makan mie instant. Simak di bawah ini

1. Bisa memicu kanker
Apakah anda tau, jika mie saat ini benar-benar berbahaya jika di konsumsi keseringan. Salah satu Alasanya ialah adanya bahan lilin pada permukaan mie. Hal ini terlihat dari mie yang tidak lengket satu dengan yang lainya. Perlu di ketahui, lilin jika masuk dalam tubuh, memakan waktu dua hari untuk bisa di cerna. Tentu saja hal ini akan berbahaya bagi tubuh.

Jika bahan lilin ini terlalu lama dan menumpuk dalam tubuh, tentunya resiko terkena kanker akan tinggi. Belum lagi adanya zat aktif yaitu MSG pada bumbunya, yang juga memicu kanker jika masuk dalam tubuh.

2. Bisa Rusaknya jaringan otak
Sudah tidak di ragukan lagi jika mengkonsumsi mie instant secara terus menerus, akan berpengaruh pada kesehatan tubuh karena zat-zat kimia berbahaya yang menumpuk. Proses ini juga akan berpengaruh pada penurunan transmisi sinyal dalam otak.

Rusaknya jaringan otak nantinya juga akan memicu penyakit lain seperti, Stroke ( kelumpuhan ). Terlihat banyaknya kasus mereka di usia muda sudah terkena stroke, padahal kita tau umumnya mereka yang rawan terkena stroke ialah usia lanjut 45 keatas.

3. Chinese restaurant syndrome
Msg pada bumbu instant benar-benar berbahaya jika menumpuk dalam tubuh. Jenis penyakit ini timbul bagi mereka yang alergi terhadap Msg. Biasanya mereka mengalami sesak nafas dan pusing. Akan tetapi pengaruh Msg ini tidak terlalu fatal. Karena bisa sembuh alias normal kembali setelah 2-3 jam.

4. Bisa mengakibatkan keguguran pada wanita hamil
Saat hamil, tentunya sangat rentan dengan makanan yang masuk dalam tubuh. Karena di dalam perut ada janin yang butuh nutrisi cukup untuk perkembanganya. Nah jika wanita hamil mengabaikan ini, apalagi mengkonsumsi mie instant, bersiaplah menerima resikonya. Hal ini masi berkaitan dengan bahaya dari bumbu dan pengawet mie tersebut. Jika anda menyayangi janin anda, maka untuk sementara hindari makanan instant ini yah.

5. Mengalami gangguan metabolisme
Zat-zat yang terkandung pada mie instant seperti pewarna, lilin, pengawet dan adiktif jika menumpuk dan rutin masuk. Maka sangatlah buruk bagi sistem metabolisme tubuh pada jangka panjang.

6. Bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh
Ada yang namanya kandungan propylene glycol yang terdapat pada mie instant. Zat ini berfungsi sebagai bahan anti beku yang mencegah mie dari kekeringan serta mempertahankan mie dari kelembapan. Zat ini sangat mudah di serap tubuh dan akan terakumulasi ke jantung, hati dan ginjal.

Tentunya jika ini terjadi, kerusakan organ tubuh akan terjadi. Sehingga kekebalan tubuh pun sangat lemah. Alhasil penyakit pun mudah masuk dalam tubuh.

7. Bisa menyebabkan Obesitas
Penyebab utama Obesitas adalah makanan instant yang memiliki kandungan kimia berbahaya. Mie instant merupakan salah satunya. Hindari mie karena mengandung sejumlah besar lemak dan natrium yang menyebabkan retensi air dalam tubuh.

8. Bisa menyebabkan rasa terbakar, panas di dada, kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala
Hal ini bisa terjadi bagi mereka yang alergi terhadap MSG ( Monosodium glutamate ). Msg pada mie di gunakan untuk meningkatkan rasa mie. Ada sekitar 1-2% Populasi alergi terhadap Msg.

9. Bisa menyebabkan hipertensi
Hindari makan mie instant berlebihan. Sebab, mie terdapat kandungan natrium yang tinggi. Kelebihan natrium pads tubuh, bisa memicu hipertensi, sakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal. So..bijaklah mengkonsumsi makanan instant ini yah, jika tidak mau sakit.

10. Junk food
Mie instant memang cocok untuk menghilangkan rasa lapar. Namun tidak bisa di samakan dengan makan nasi atau yang lainya. Sebab kandungan mie tidaklah ada nutrisinya. sejumlah besar karbohidrat tetapi tidak ada vitamin, mineral atau serat. Mie instant juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Ini padat kalori dan memberikan efek negatif pada kesehatan.

Nah bagaimana saudara sekalian, setidaknya sekarang anda sudah tau, apa akibatnya mengkonsumsi mie instant secara berlebihan. Bukanya tidak boleh makan mie. Tapi dengan melihat efek buruknya yang tidak sebanding dengan baiknya. Alangkah baiknya anda lebih bijak mengkonsumsinya untuk kebaikan tubuh anda sendiri 

Demikian info mengenai, Makan mie instant keseringan ini bahayanya. Semoga bermanfaat
Baca juga artikel tentang Bahaya Makanan Cepat Saji 


Author:

Facebook Comment